Notification

×

Iklan

Pasang Iklan

Iklan

Pasang Iklan

Pemerintah Kabupaten Luwu Meraih Penghargaan Sebagai Instansi Terbaik dalam Pengelolaan Pengaduan Publik

| Maret 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-17T15:36:33Z
Pasang Iklan

  


TEGASINDONESIA, LUWU - Pemerintah Kabupaten Luwu telah meraih penghargaan prestisius sebagai instansi dengan performa terbaik di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan tersebut diberikan atas kelengkapan administrasi dan tindak lanjut terhadap laporan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). (13/3/23)

 

Prestasi luar biasa ini diakui dan diapresiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam sebuah acara monitoring dan evaluasi SP4N-LAPOR! se-Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar secara daring melalui platform zoom meeting pada Jumat, 10 Maret 2023.

 

Dalam rapat tersebut, Kemenpan RB mengungkapkan beberapa data yang menunjukkan kinerja luar biasa Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Luwu dalam mengelola aplikasi SP4N LAPOR. Data tersebut mencatat bahwa selama tahun 2022, terdapat sebanyak 903 laporan yang masuk dari wilayah Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, 42% laporan telah mendapatkan tindak lanjut, dan hanya 32% kabupaten/kota yang berhasil menyusun rencana aksi yang efektif.

 

"Data SP4N LAPOR tahun 2022 wilayah Sulsel terdapat 903 laporan, 42% tindak lanjut dan baru 32% kabupaten/kota yang menyusun rencana aksi," ungkap Analis Kebijakan Muda Sub Koordinator SP4N-LAPOR Kemenpan RB, Rosikin.

 

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo-SP Kabupaten Luwu, Irwan, yang juga merupakan penanggung jawab SP4N-LAPOR! Kabupaten Luwu, menjelaskan kiat-kiat yang telah dijalankan oleh timnya untuk mencapai performa luar biasa ini. Irwan menyebutkan bahwa mereka menerapkan sistem kerja cepat tanggap dan membentuk grup khusus tim SP4N-LAPOR Kabupaten. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses tindak lanjut terhadap laporan masyarakat.

 

"Kami menerapkan sistem kerja cepat tanggap dan membentuk grup khusus tim SP4N-LAPOR Kabupaten untuk mempercepat proses tindak lanjut laporan masyarakat," jelas Irwan.

 

Irwan juga menyoroti pentingnya kerjasama antar bidang di Diskominfo-SP serta kolaborasi yang baik antar admin penghubung di setiap Perangkat Daerah Kabupaten Luwu. Hal ini, menurutnya, telah membantu mewujudkan pelayanan SP4N-LAPOR yang efektif dan efisien, sehingga masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang maksimal.

 

Di akhir acara, Kemenpan-RB juga menghimbau Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan untuk meningkatkan performa dalam pengelolaan SP4N-LAPOR, dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan kinerja dan pelaksanaan program pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menyediakan pelayanan publik yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Pasang Iklan

Pasang Iklan

×
Berita Terbaru Update