Notification

×

Iklan

Pasang Iklan

Iklan

Pasang Iklan

Tepat Hari Ini, Uniknya Lahir Tanggal 29 Februari atau Tahun Kabisat

| Februari 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-29T03:53:16Z
Pasang Iklan


Dalam kalender Masehi 2024 terdapat Tahun Kabisat. Namun, masih banyak orang yang belum memahami apa itu penanggalan Tahun Kabisat.


Dikutip dari Jawapos.com, Tahun Kabisat biasanya jatuh setiap empat tahun sekali. Tahun Kabisat atau dalam bahasa Inggris adalah Leap Year, merupakan tahun yang mengalami penambahan satu hari.


Tujuan melakukan penambahan satu hari untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Kebijakan itu terpaksa dilakukan karena setiap tahun itu tak genap berjumlah 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik.


Jika tak ada penambahan satu hari, maka penanggalan masehi berpotensi kurang lengkap. Karena itu, dibutuhkan penambahan satu hari yang diputuskan empat tahun sekali.


Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap empat tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. Tetapi, karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan Tahun Kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).


Nah, berikut ini keistimewaan atau keunikan orang yang lahir di pengujung bulan ini, atau lebih tepatnya lahir pada 29 Februari.


Mereka yang lahir pada tanggal tersebut tentu saja memiliki keunikan, karena mereka baru mendapati tanggal 29 dalam setiap empat tahun sekali.


Pertanyaan pun bermunculan, seperti apakah orang yang lahir di tanggal 29 Februari akan merayakan ulang tahunnya selama empat tahun sekali? Ini menjadi mayoritas pertanyaan tentang orang yang lahir bertepatan Tahun Kabisat.


Berikut ini keunikan orang yang lahir pada 29 Februari, dan salah satu ulasan diyakini dapat menjawab pertanyaan di atas.


* Anak spesial


Mengapa mereka spesial, karena momen kelahiran mereka begitu unik. Mereka lahir dengan peluang 1 banding 1.461 anak atau sekitar 0,068%.


Karena itu, tak mengherankan apabila anak yang lahir pada tanggal 29 Februari itu sangat sedikit.


Berdasarkan sumber, setidaknya ada sekitar lima juta leapling (sebutan bagi orang yang lahir pada 29 Februari) di seluruh dunia.


* Leapling atau leapers


Bagi mereka yang lahir pada 29 Februari ternyata tak harus menunggu empat tahun untuk merayakan ulang tahun.


Mereka biasanya memilih memajukan atau memundurkan momen perayaan, seperti memilih 28 Februari atau 1 Maret untuk merayakannya.


* Lebih disayang


Mereka yang lahir pada 29 Februari biasanya mendapatkan perhatian lebih dari orang di sekitarnya. Maklum, mereka tak dapat merayakannya pada tanggal yang sama setiap tahun, melainkan harus menunggu selama empat tahun.


Mereka pun cenderung mendapatkan perhatian karena biasanya orang yang lahir pada 29 Februari cenderung emosional, karena tak bisa merayakannya tepat waktu setiap tahun.


Momen sweet seventeen sirna
Kebanyakan orang biasanya sangat menantikan hari jadi atau ulang tahun ke-17, dan momen ini sangat dinantikan.


Sayang, mereka yang lahir pada 29 Februari tak bisa merayakan ulang tahun ke-17, karena momen itu atau penanggalan Februari saat itu biasanya jatuh hingga tanggal 28.


Kebiasaan menandai tanggalan
Wajar apabila aktivitas ini biasa dilakukan leapling karena mereka tentu saja tak mau melewatkan momen membahagiakan yang hanya ditemui empat tahun sekali.


Mereka biasanya selalu menandai Tahun Kabisat, seperti 2016, 2020, 2024, 2028, 2032, dan seterusnya. (*)

Pasang Iklan

Pasang Iklan


Pasang Iklan

Pasang Iklan
×
Berita Terbaru Update