Notification

×

Iklan

Pasang Iklan

Iklan

Pasang Iklan

Akselerasi Kerjasama, USAID-HEPI Kunjungi FST UIN Alauddin

| April 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-27T04:19:12Z
Pasang Iklan

 


USAID-HEPI (Higher Education Partnersip Initiative) memfasilitasi dukungan terhadap perguruan tinggi tertentu di Indonesia melalui pembentukan konsorsium yang melibatkan universitas, pemerintah, dan mitra industri. 


Ini bertujuan untuk memperbaharui kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan industri, memastikan pemenuhan standar akreditasi internasional, dan memperluas pengakuan terhadap kredit mata kuliah antara universitas di Indonesia dan Amerika Serikat.



UIN Alauddin Makassar telah resmi menjadi salah satu universitas afiliasi di HEPI Project yang dimotori oleh Arizona State University sejak tanggal 14 Maret 2024. Beberapa sharing sessions telah dilakukan sejak resminya UIN Alauddin diterima bergabung dengan HEPI, diantaranya sharing sessions mengenai skema peluang kerja sama dengan pihak CISCO, META-Indonesia, Arizona State University dan Oklahoma State University.


Sebagai tindak lanjut, maka pada hari Senin tanggal 22 April 2024, tim USAID-HEPI berkunjung ke Fakultas Sains dan Teknologi dan melakukan dialog langsung dengan jajaran pimpinan fakultas, para ketua dan sekretaris program study serta para dosen di ruang Lecture Theatre Fakultas Sains dan Teknologi. 


Tim USAID-HEPI tersebut bernaggotakan Pak Abdul Rahman, PhD. (Country Director HEPI); Thomas Beckskehazy (Assistant Chief Representative for Program Operations-HEPI Arizona State University); Bellatrix Bogar (Administrative Assistant, USAID HEPI); Puspa Sagara Asih (Partner Relations Manager, USAID HEPI) dan Sena Aji Prasetyo (Communication Expert, Multi-Channel Marketing). 


Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Sains dan Teknlogi UIN Alauddin Makassar, Fahmyddin A’raaf Tauhid, S.T., M.Arch., PhD sangat menyambut baik kesediaan Tim HEPI-USAID untuk berdialog langsung dengan sivitas akademika lingkup Fakultas Sains dan Teknlogi.


"Kami berharap ke depannya akan ada beberapa mahasiswa Fakultas Sains dan Teknlogi yang dapat lolos seleksi untuk mengikuti program shortcourse maupun melanjutkan study di perguruan tinggi di Amerika Serikat," katanya.

 

Abdul Rahman, PhD memaparkan bahwa HEPI berkedudukan sebagai fasilitator antara institusi di Amerika Serikat yang tergabung dalam HEPI dengan Universitas di Indonesia baik yang sudah menjadi Hub maupun yang tergabung dalam afiliasi untuk meningkatkan kualitas mahasiswa STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) agar mampu berdaya saing global; mengembangkan kurikulum STEM agar dapat memenuhi standar akreditasi internasional; membangun kemitraan yang berkelanjutan antara institusi Pendidikan tinggi di Amerika Serikat dan Indonesia.



Sementara itu, Thomas Beckskehazy sebagai perwakilan HEPI-Arizona State University menginformasikan bahwa HEPI memiliki banyak skema program kerjasama yang tersedia dalam katalog HEPI yang langsung dapat digunakan oleh universitas afiliasi sesuai kebutuhan setiap program studi, sebagai contoh katalog mengenai partnership dengan Women in STEM; EPICS (Engineering Projects in Community Service Program) Arizona State University; Oklahoma State University atau dengan Rochester Institute of Technology (RIT) yang menyediakan program Summer shortcourse; dan masih banyak lagi.



Diskusi berjalan aktif dan peserta sangat antusias meskipun dalam waktu pertemuan yang sangat terbatas. Thomas lebih lanjut menjelaskan bahwa bagi dosen atau alumni yang berminat untuk melanjutkan study ke universitas di Amerika Serikat, HEPI dapat memfasilitasi dengan Lembaga donor untuk program beasiswa antara lain melalui LPDP dan Fullbright. Abdul Rahman menegaskan bahwa sebagai salah satu universitas afiliasi, diharapkan bentuk komitmen UIN Alauddin Makassar bukan hanya sekedar ikut berpartisipasi hadir di setiap kegiatan sharing sessions tapi juga harus terlibat langsung mengambil bagian dalam program – program yang ditawarkan di dalam list katalog HEPI agar pada akhirnya kerjasama dengan HEPI selama 4 tahun ke depan dapat benar-benar memberikan dampak yang nyata khususnya bagi UIN Alauddin Makassar sesuai dengan yang ditargetkan bersama.

Pasang Iklan

Pasang Iklan


Pasang Iklan

Pasang Iklan
×
Berita Terbaru Update